Narrative Text Tangkuban Perahu Beserta Generic Structure

Narrative Text Tangkuban Perahu Beserta Generic Structure – Alkisah, ada seorang gadis cantik bernama Dayang Sumbi di Jawa Barat. Dia juga cerdas dan cerdas. Kecantikan dan bakatnya membuat seorang pangeran dari kerajaan Kahyangan menginginkannya sebagai istri. Pangeran meminta izin kepada ayahnya untuk menikah dengan Dayang Sumbi. Penduduk Kahyangan tidak akan pernah hidup dengan manusia, tetapi ayahnya setuju dengan satu syarat, jika mereka memiliki anak laki-laki, Pangeran akan menjadi seekor anjing. Pangeran menyetujui syarat itu.

Mereka menikah dan hidup bahagia di hutan hingga Dayang Sumbi melahirkan seorang putra. Kemudian sang pangeran mengubah dirinya menjadi seekor anjing bernama Tumang. Nama putra mereka adalah Sankuriang. Dia pintar dan tampan, seperti ayahnya. Setiap hari ia berburu binatang dan mencari buah untuk dimakan. Suatu hari saat sedang berburu, Sankuriang tidak sengaja membunuh Tumang. Anak panahnya meleset dari rusa yang dibidiknya dan mengenai Tumang. Dia pulang ke rumah dan memberi tahu ibunya tentang anjing itu. “Apa?” Dayang Sumbi terkejut. Karena sedih dan marah, dia mengambil sepotong kain dan memukul kepala Sankuriang dengan itu. Dayang Sumbi sangat sedih; Dia mengabaikan Sankuriang dan mulai menangis.

Narrative Text Tangkuban Perahu Beserta Generic Structure

Sangkuriang merasa sedih dan bingung. Bagaimana mungkin ibunya lebih mencintai anjing daripada dirinya? Kemudian Sankuriang memutuskan untuk meninggalkan rumah dan melakukan perjalanan. Di pagi hari, Dayang Sumbi berhenti menangis. Dia merasa lebih baik, jadi dia pergi mencari Sankuriang. Tapi anaknya tidak terlihat. Dia mencari di mana-mana tapi masih tidak bisa menemukannya. Akhirnya, dia kembali ke rumah dan tidak ada yang terjadi. Dia lelah. Dia tidur, dan dalam mimpinya dia bertemu dengan suaminya. “Dayang Sumbi, jangan sedih. Pergi temukan tubuhku di hutan dan ambil jantungnya. Basahi dengan air, gunakan air mandi, kamu akan menjadi gadis selamanya, “kata sang putri dalam mimpinya. Setelah mandi di air yang membasahi hati anjing, Dayang Sumbi terlihat cantik meski masih kecil.

Structur Generic Dalam Text Sangkuriang{orientation,complication,resolution And

Dan waktu berlalu. Dalam perjalanannya, Sankuriang singgah di sebuah desa dan bertemu cinta dengan seorang gadis cantik. Dia tidak menyadari bahwa desa adalah negaranya dan gadis cantik itu adalah ibunya Dayang Sumbi. Cinta mereka tumbuh begitu besar sehingga dia memintanya untuk menikah dengannya. Suatu hari Sankuriang pergi berburu. Dia meminta Dayang Sumbi untuk memperbaiki turbannya. Dayang Sumbi terkejut melihat bekas luka di kepalanya di tempat yang sama yang dia buat pada Sankurian bertahun-tahun yang lalu.

See also  Rick And Morty Slot Demo

Setelah pemuda itu pergi, Dayang Sumbi berdoa memohon petunjuk. Setelah berdoa, dia memastikan bahwa pemuda itu adalah anaknya yang hilang. Dia menyadari bahwa sesuatu harus dilakukan untuk mencegah Sankuriang menikahinya. Tapi dia tidak ingin membuatnya kesal dengan memutuskan pernikahan. Jadi bahkan jika dia setuju untuk menikah dengan Sankuriang, dia hanya akan melakukannya dengan syarat dia akan memberinya sebuah kolam dan membuatkan dia perahu yang indah, semuanya dalam satu malam.

Sankuriang menerima situasi ini tanpa ragu. Dia mengabdikan masa mudanya untuk mempelajari seni sihir. Saat matahari terbenam, Sankuriang pergi ke perbukitan. Dia kemudian memanggil sekelompok setan untuk membangun bendungan di sekitar sungai Cittarum. Kemudian dia memerintahkan iblis untuk menebang pohon dan membuat perahu. Sebelum fajar, Sankuriang dan pelayan iblisnya hampir menyelesaikan penerbangannya.

Dayang Sumbi yang memata-matainya menyadari bahwa Sankuriang akan memenuhi syarat yang dia tetapkan. Dayang Sumbi segera membangunkan semua wanita desa dan menyuruh mereka memakai baju merah panjang. Semua wanita desa mengangkat selendang merah mereka, tampaknya pagi telah tiba. Dia tertipu oleh kesadaran palsu, ayam berkokok, dan para petani bangun untuk hari yang baru.

Tolong Di Cari Struktur Narative Text Nya Ya​

Para pelayan setan Sankuriang segera meninggalkan pekerjaan mereka dan melarikan diri untuk mencari hari yang mereka takuti. Sankuriang sangat marah. Meski marah, dia mengejar kapal yang belum selesai itu. Pesawat lepas landas dan mendarat di lembah. Perahu kemudian dipindahkan ke sebuah gunung yang disebut Gunung Tangkuban Perahu (Tangkuban artinya terbalik atau terbalik dan Perahu artinya perahu). Dia menghancurkan bendungan dengan kekuatannya. Air keluar dari danau, menjadi area yang luas dan sekarang menjadi kota bernama Bandung (dari kata Bendung, artinya bendungan).

Pada zaman dahulu, di Jawa Barat, ada seorang putri raja bernama Dayang Sumbi. Ia memiliki seorang putra bernama Sangkuriang. Anak tersebut sangat gemar berburu di hutan. Sepiap berburu, dia selawa ditemani oleh sekal anjing pingangannya yang bermana Tumang. Tumang seinara adalah titisan dewa, dan juga bapak kandung Sangkuriang, tepai Sangkuriang tidak tahu hal itu dan imamynya memang suka merahasiakannya.

Pada suatu hari, seperti biasanya Sangkuriang pergi ke hutan untuk berburu. Setelah sampai di hutan, Sangkuriang mulai mencari buran. Ia melihat ada seekor burung segbal yang sedang mengikuti burung tersebut, lalu tanpa bersentuhan dengan Sangkuriang, ia langsung menuju pintu gerbang. Sangkuriang menyuruh Tumang untuk bergabung dengan anak buahnya, tapi Tumang tetap diam dan tidak menuruti perintah Sangkuriang. Karena sangat jengkel pada Tumang, maka Sangkuriang lalu mengusir Tumang dan tidak diijinkan pulang ke rumah sunyi lagi.

See also  Captain Bounty Slot Demo

Sesampainya di rumah, Sangkuriang narsatari geadaan tersebut kepata ibunya. Begitu mendungen cerita dari ilana, Dayang Sumbi sangat marah. Diambilnya sendok nasi, anak laki-laki yang dipukulkan adalah kepala Sangkuriang. Karena merasa pekaku dengan pekkawat ibunya, Maka Sangkuriang memutuskan untuk pergi mengbara, dan bereihan hismanya.

Modul Pembelajaran Teks Narrative

Seftah geadat itu, Dayang Sumbi sangat menesahei perbuatanya. Dia berdoa setiap hari, dan minta agar suatu hari dapat melapor dengan kembali. Karena kezanghanan seratus doa Dayang Sumbi tersebut, maka Dewa membernya sebuah tsiyasya purupa nekakat abadi dan usia muda elemant.

Setelah bertahun-tahun, Sangkuriang mengbera akhirnya memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya. Sesampanya di sana, dia sangat terpukul sekali, karena kampung halamannya sudah peligad total. Sangkuriang sangat senang ketika dia berada di tengah jalan dengan seorang wanita yang sangat cantik bernama Dayang Sumbi. Karena terpesona dengan kanaatan wanita tersebut, maka Sangkuriang langsung melamarnya. Akhirnya Sangkuriang mendapat masalah dari Dayang Sumbi, yang jarang akan menyakat dalam waktu dekat.

Pada suatu hari, Sangkuriang meminta izin untuk menjadi hisistene untuk berburu di hatan. Sebelum pergi, dia meminta Dayang Sumbi untuk mengecancan dan merapikan ikat kapalanya. Alangkah schoreppnya Dayang Sumbi, karena pada saat dia merapikan ikat kepala Sangkuriang, saya melihat ada bekas luka. Bawang snipe mirip dengan anaknya, snipe bawang. Selatah teranya kepada Sangkuriang tentang penebaya lukanya itu, Dayang Sumbi tekejut tekejut, karena memang benar yang akan diangkat adalah orang tua.

Dayang Sumbi sangat bingung karena dia tidak tahu harus berkata apa. Setelah Sangkuriang pulang penembak, Dayang Sumbi mencoba berbicara dengan Sangkuriang, karena Sangkuriang membatalkan rencana pernikahan mereka. Permintaan Dayang Sumbi tersebut tidak sangkuriang Sangkuriang, dan besiktaan angin lalu saja.

Modul Pembelajaran Bahasa Inggris

Sepiap hari Dayang Sumbi kontigung bagiman cara agar menaka menaka tidak perah tadari. Setelah berpikir panjang, Dayang Sumbi menemukan cara yang lebih baik. Dia meminta doa buah siyat kepada Sangkuriang. Jika Sangkuriang dapat memenuhi kedua syarat tersebut, maka Dayang Sumbi akan menikah, tetapi jika tidak maka pernikahan tersebut batal. Syarat yang pertama Dayang Sumbi ingin supaya sungai Citarum dibendung. Yang kedua, mintalah Sangkuriang membuat sampan yang sangat besar untuk wakam sungai. Kedua syaat itu harus diselesaikan sebelum fajar menyingsing.

See also  Demo Slot Anti Lag

Sangkuriang menganggupi kedua surimant Dayang Sumbi tersebut, dan gemeneda pada menyangsingya sebelum fajar menyingsing. Dengan kesaktian yang mitidolinya, Sangkuriang lalu mengerahkan teman-teman yamanteh dari bangsa jin untuk melakukan pekerjaan tersebut. Diam-diam, Dayang Sumbi mengintip pekerjaan dari Sangkuriang. Betapa hebatnya dia, karena Sangkuriang hampir menyelesaiklan semua sayat yang dibaan Dayang Sumbi sebelum fajar.

Dayang Sumbi lalu meminta bantuang masyarakat sekitar untuk mengelar kain sutera bernaba merah di saba timur kota. Ketika melihat perang di sebelah timur kota, Sangkuriang berkata bahwa dia akan menyerang kota. Sangkuriang segera menghentikan pekerjaannya dan merasa tidak dapat memenuhi permintaan yang diumumkan oleh Dayang Sumbi.

Dengan rasa jengkel dan kejava, Sangkuriang lalu menjebol bandungan yang tehah belaatanya sendiri. Karena jebolnya bendungan itu, maka tadidalah banjir dan seluh kota terendam air. Sangkuriang juga tendangan sampan besar yang sudah lewat saja. Sampan itu melayang dan jaut tertelungkup, lalu menjadi sebuah gunung bernama Tangkuban Perahu.

Tolong Dijawab Kalau Baikko Sama Saya Nanti Dapat Ki Pahala

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih atas visitatsinya.1). siapa yang benar-benar ingin berburu? 2). siapa sangkurian? 3). mengapa Dayang Sumbi mengirim Sankurian? 4). bagaimana sangkuriang tidak tahu jika dayang kissi adalah ibunya? 5). bahwa Dayang Sumbi bertanya kepada Sankurian kapan dia ingin menikah denganku? 10). apa yang terjadi sangkuryang di akhir cerita?

4. Bagaimana Sankuriang tidak tahu bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya? Karena Dayang Sumbi tidak pernah menjadi tua. Para dewa memberikan kecantikan abadi kepada Dayang Sumbi, sehingga dia tampak awet muda.

5. Apa Dayang Sumbi meminta Sankurian jika dia ingin menikahinya? Dia memintanya untuk memotong sungai Citarum dan membangunnya

Explanation text global warming beserta generic structure, narrative text beserta generic structure, narrative text rapunzel beserta generic structure, narrative text timun mas beserta generic structure, narrative text snow white beserta generic structure, narrative text beauty and the beast beserta generic structure, narrative text pinocchio beserta generic structure, contoh text narrative beserta generic structure, contoh narrative text legend beserta generic structure, contoh narrative text cinderella beserta generic structure, narrative text generic structure, narrative text and generic structure

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *